Tips KPR Rumah Aman Dan Terpercaya

KPR atau kredit kepemilikan rumah saat ini banyak sekali diminati. Khususnya untuk orang-orang yang belum memiliki kecukupan untuk membeli rumah secara lunas. Program pemerintah yang dibuat untuk menyelesaikan masalah kesenjangan ketersediaan rumah dan hunian ini dinilai cukup efektif. Masyarakat merasa sangat terbantu karena dapat mendapatkan rumah yang diimpikan dengan cara mencicil.

Tips KPR Rumah Aman Dan Terpercaya Terbaru

Kemudian, salah satu yang menjadi permasalahan saat ini adalah banyaknya pihak pengembang yang memiliki tangan jail. Sering kali melakukan penipuan yang dapat merugikan customer. Maka dari itu, Anda perlu waspada dan berhati-hati ketika menentukan pihak pengembang untuk KPR rumah.

  • Periksa track record Pengembang

Tips aman pertama adalah melakukan pemeriksaan terhadap reputasi dari pihak developer. Portofolio dari proyek sebelumnya sangat penting untuk diketahui. Hal tersebut akan membantu Anda supaya dapat melakukan penilaian terhadap kualitas kerja mereka sebelumnya. Jika portofolio yang dimiliki menunjukkan poin yang positif, maka tidak ada salahnya untuk mempercayakan transaksi KPR hunian Anda kepada pihak tim pengembang tersebut. Cara lain yang dapat digunakan untuk melihat reputasi dari pihak pengembang adalah dengan mengunjungi pihak Bank yang melakukan kerja sama. Pihak Bank tentunya tidak akan sembarangan dalam memberikan modal jika pengembang tersebut tidak layak.

  • Periksa status hukum

Legalitas merupakan segalanya untuk sebuah kepercayaan. Anda harus memastikan bahwa baik pengembang atau tanah yang digunakan memiliki status hukum yang sah. Developer harus memiliki status hukum dalam perizinan membangun sebuah lokasi. Tanah yang digunakan juga harus terdaftar di dalam hukum atau dengan kata lain memiliki hak guna bangunan. Untuk memeriksa status tanah dapat melihat ke badan hukum di daerah di mana rumah tersebut akan di bangun. Dengan adanya status hukum yang jelas, maka tidak akan ada masalah berarti di kemudian hari.

  • Pastikan permintaan KPR sudah diterima Bank sebelum DP

Tidak semua orang dapat lolos dalam seleksi KPR yang disediakan oleh bank. Pihak bank akan melihat bagaimana potensi yang dimiliki oleh seorang nasabah. Meskipun pengembang yang Anda pilih memiliki kerja sama dengan bank, namun bukan berarti Anda 100% lolos untuk mengikuti program KPR tersebut. Jika pihak bank belum memberikan kepastian untuk mau mencairkan dana KPR, maka jangan terlebih dahulu membayar DP.

Uang muka pada umumnya memang harus dibayarkan oleh nasabah kepada pengembang segera setelah kesepakatan. Pihak bank ini yang nantinya akan melunasi ke pihak pengembang dan Anda selanjutnya hanya perlu membayar cicilan kepada bank. Namun, sangat dianjurkan memeriksa kembali apakah pengajuan KPR Anda sudah benar-benar diterima oleh pihak bank atau belum. Jangan membayar Dp sebelum ada kepastian dari bank.

Keuntungan Mendapatkan Pengembang Yang Aman Dan Terpercaya

Tips untuk mendapatkan KPR yang aman dan terpercaya di atas perlu Anda perhatikan. Hal tersebut mengingat bahwa semakin hari, semakin banyak pihak yang mengaku terpercaya nyatanya malah menipu. Bukan rumah impian yang diperoleh, justru malah air mata yang didapat karena telah kehilangan uang Anda.

Jika pengembang yang diperoleh sudah dipastikan aman dan terpercaya, maka Anda hanya perlu mengikuti alur yang ada. Lengkapi segala persyaratan yang ada dan hunian impian dapat Anda miliki dengan metode yang mudah. Pastikan Anda memiliki pekerjaan yang meyakinkan untuk mampu melunasi pembayaran cicilan sisanya ke pada pihak bank. Hal ini penting untuk mempermudah proses KPR rumah.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *