Kumpulan Tips Menata Rumah Kecil Agar Rapi

Rumah merupakan tempat di mana sering dijuluki sebagai surga. Di dalam rumah inilah keluarga saling bercengkerama menghabiskan waktu dengan menyenangkan. Anda tentu tidak ingin sampai terganggu waktu berkualitasnya hanya karena bad mood akibat rumah yang berantakan. Rumah yang bersih dan tertata dengan rapi akan menyenangkan untuk dihuni.

9 Tips Menata Rumah Kecil Agar Rapi Dan Bersih

Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai tips untuk menjaga kondisi rumah, khususnya yang berukuran kecil atau minimalis.

  1. Membeli perabotan yang berukuran minimalis

Jika rumah yang dihuni merupakan jenis rumah sempit atau minimalis, maka belilah juga perabotan yang simpel. Jangan membeli dengan ukuran yang akan memakan banyak ruang. Selain membuat rumah terlihat lebih sempit lagi, perabotan yang besar juga akan mempersulit dalam penataan. Akibatnya kesan rapi justru akan hilang karena benda-benda dengan ukuran besar yang tidak semestinya dibeli.

  1. Rajin membersihkan rumah

Anda yang menginginkan rumah selalu terlihat bersih dan rapi, maka wajib untuk rajin membersihkannya. Tidak boleh malas, meskipun sibuk. Jikalau Anda adalah seorang yang sibuk, maka dapat menggunakan jasa pembersih. Rumah yang sempit sebenarnya akan menguntungkan ketika dibersihkan. Kondisi ini tentu karena hanya sedikit yang perlu dibereskan.

  1. Menata barang sesuai tempat

Rumah minimalis harus selalu memperhatikan penataan barang-barang yang ada di dalamnya. Selain untuk membuat terlihat rapi, hal ini juga berguna agar lebih banyak barang yang dapat disimpan. Furniture yang terpasang dengan rapi dan tepat sesuai posisi dapat memberikan kesan ruangan menjadi lebih luas. Anda dapat memulai dengan menempatkan sofa atau kursi lebih mendekati dinding. Untuk mejanya dapat memilih model memanjang. Bentuk ini lebih efisien daripada yang melebar.

  1. Mengatur sirkulasi udara dan cahaya

Rumah dengan sirkulasi yang buruk akan terasa lebih pengap. Hal ini dapat dihindari dengan mengatur jendela yang digunakan. Kontrol terhadap cahaya yang memasuki ruangan juga perlu diperhatikan. Cahaya dengan intensitas yang terlalu rendah akan membuat rumah lebih lembab. Jagalah pengaturan ventilasi Anda agar rumah tetap berada pada suasana hangat, sehingga nyaman dihuni.

  1. Kurangi penggunaan sekat

Sekat yang terlalu banyak selain membuat rumah kecil terkesan tidak rapi juga akan membuatnya terlihat lebih sempit. Lebih baik menggunakan rak atau sejenisnya untuk memisahkan antar ruang. Pilihlah yang memiliki desain lebih ramping. Selain untuk dijadikan sekat juga dapat digunakan untuk menaruh barang yang lainnya.

  1. Maksimalkan penggunaan ruangan

Untuk rumah yang didesain dengan konsep minimalis sangat penting untuk membuat sebuah ruangan menjadi maksimal fungsinya. Anda dapat menciptakan ruangan yang bersifat lebih multifungsi. Misalnya saja ruang makan dan dapur yang digabung pada satu ruangan yang sama. Selain multifungsi, penataan ini juga akan membuat rumah sempit terkesan menjadi rapi.

  1. Menambahkan hiasan rumah

Untuk menghadirkan rumah yang bersih dan rapi tidak akan lengkap jika tidak ada ornamen atau hiasan. Kehadiran ornamen ini mampu menghilangkan rasa bosan. Ketika mata memandang sesuatu yang indah dan bersih, maka akan menjadi lebih nyaman. Anda dapat menambahkan beberapa lukisan atau ornamen lain di dinding rumah.

  1. Menghindari koleksi barang tidak penting

Anda yang memiliki rumah sempit harus mulai membatasi pembelian barang-barang kurang penting. Barang yang kurang bermanfaat hanya akan memakan tempat di dalam rumah. Jika sudah terlalu banyak barang lebih baik sortir yang tidak terlalu penting dan buang atau jual kembali.

  1. Belilah laci minimalis

Laci sangat berguna karena merupakan tempat menyimpan barang-barang. Di pasaran banyak sekali model laci yang didesain dengan minimalis. Anda dapat memilih sesuai selera atau yang selaras dengan tema desain interior rumah.

Kondisi rumah yang bersih dan rapi akan membuat orang lebih betah berlama-lama di dalamnya. Mood dari seseorang biasanya juga akan sangat terpengaruh dengan lingkungan. Rumah yang bersih dan rapi akan membangkitkan mood sehingga produktivitas seseorang juga akan meningkat. Selain itu, rumah bersih juga sangat baik untuk kesehatan keluarga Anda. Jadi, jagalah selalu kebersihan rumah Anda untuk hidup yang lebih menyenangkan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *