Kumpulan Desain Wallpaper Untuk Dinding Rumah

Pada saat ini rumah dibangun bukan hanya untuk tempat tinggal. Rumah yang dibangun juga harus menghadirkan nilai estetika. Pemilihan berbagai jenis furniture atau hiasan sangat dipertimbangkan keselarasannya. Wallpaper untuk dinding beberapa tahun ini juga semakin banyak disukai.

12 Tips Wallpaper Dinding Untuk Rumah

Jika Anda bosan dengan dinding yang hanya dicat, maka dapat mencoba untuk memasang wallpaper ini. Jenis desain yang ditawarkan sangat bervariasi sehingga dapat dipilih sesuai dengan selera. Berikut adalah tips wallpaper dinding untuk tempat tinggal kalian.

  • Wallpaper untuk ruang minimalis

Bagi Anda yang memiliki rumah dengan desain minimalis, maka ruangan yang ada di dalamnya relatif sempit. Untuk kondisi ini, maka dapat memilih wallpaper dinding dengan warna-warna yang cerah. Jangan memaksakan untuk menggunakan motif yang terlalu terkesan penuh. Hal tersebut untuk menghindari ruangan terkesan menjadi lebih sempit.

  • Wallpaper desain vintage

Interior dengan gaya vintage akan sangat mendukung jika dilengkapi dengan wallpaper yang selaras. Anda dapat memilih warna-warna yang lembut atau warna pastel untuk membuat kesan vintage semakin melekat. Pada umumnya desain vintage ini lebih disukai oleh para kaum hawa.

  • Wallpaper rumah sesuai kepribadian

Memilih wallpaper dinding untuk rumah juga dapat dilakukan sesuai dengan kepribadian. Misalkan orang teratur cenderung memilih desain yang tidak terlalu kompleks. Ia akan lebih menyukai desain yang simpel. Poin penting yang harus diingat bahwa meskipun bebas untuk memilih wallpaper sesuai karakter Anda tetap perhatikan keselarasannya dengan desain interiornya.

  • Wallpaper desain Scandinavia

Wallpaper ini dapat menghadirkan kesan alami di dalam ruangan Anda. Ciri khas gaya scandinavia adalah penggunaan kayu sebagai material utamanya. Kayu yang digunakan ini akan mampu menghadirkan kesan natural. Guna mendukung suasana tersebut, maka pilihlah wallpaper dengan desain yang memiliki warna-warna natural.

  • Wallpaper desain monokrom

Monokrom saat ini juga mulai banyak digemari. Warna yang tersedia tentu hanya putih dan hitam. Meskipun demikian ada banyak motif yang tersedia. Anda dapat menggunakan wallpaper dinding dengan tema monokrom untuk ruang keluarga agar lebih tidak membosankan.

  • Wallpaper untuk ruangan beratap rendah

Jika ruangan yang Anda miliki memiliki atap yang rendah, maka dapat disiasati untuk memasang wallpaper. Pemasangan wallpaper yang tepat akan membantu membuat ruangan terlihat lebih tinggi. Pilihlah wallpaper dengan model vertikal. Pilihan lain Anda dapat memilih warna yang lebih gelap daripada warna bagian atap.

  • Wallpaper untuk ruangan beratap tinggi

Jika wallpaper untuk beratap rendah disarankan memilih model vertikal, maka untuk yang beratap tinggi pilihlah yang model horizontal. Hal tersebut akan sangat membantu menolong ruangan agar tidak terlihat sempit. Pilihan warna yang digunakan juga sebaiknya warna-warna yang lebih cerah. Hindari motif penuh dengan warna yang gelap.

  • Wallpaper gaya Victorian

Jika Anda ingin menghadirkan gaya victorian dalam ruangan, maka dapat memilih wallpaper yang mendukung tema tersebut. Biasanya tema victorian memiliki ciri khas yang rumit. Ada banyak wallpaper dengan corak rumit untuk dinding rumah yang pas bagi para pecinta desain victorian.

  • Wallpaper motif penuh

Untuk ruangan dengan ukuran yang relatif luas, maka dapat memilih wallpaper yang memiliki motif penuh. Hal ini untuk menghilangkan kesan hampa akibat ukurannya yang terlalu besar. Corak garis atau bunga dapat menjadi pilihan yang patut untuk dipertimbangkan.

  • Wallpaper kamar mandi

Wallpaper dinding untuk ruangan sebaiknya perlu memperhatikan fungsi ruangan tersebut. Wallpaper untuk kamar mandi, tentunya berbeda dengan wallpaper untuk ruang tamu. Kamar mandi sebaiknya dipasang wallpaper dengan warna yang alami. Selain itu, pertimbangkan bahan dari wallpaper yang digunakan. Kamar mandi kondisinya lebih lembab. Pilihlah bahan yang sesuai agar tidak cepat rusak atau kotor.

  • Wallpaper untuk berbagai fungsi ruangan

Ruangan memiliki fungsinya yang berbeda masing-masing. Pemilihan wallpaper dinding dapat disesuaikan dengan fungsinya. Jika ruangan tersebut memiliki kesan formal seperti ruang tamu atau ruang berkumpul bersama keluarga, maka dapat memilih wallpaper yang lembut. Sementara untuk ruangan yang lebih privat misalnya kamar anak, maka dapat memilih wallpaper dengan tema atau warna yang lebih ceria.

  • Memilih wallpaper sesuai cahaya

Pemilihan wallpaper untuk dinding ruangan juga harus memperhatikan cahaya yang masuk. Jika cahaya yang masuk intensitasnya cukup terang hindari warna terlalu mencolok. Begitu pun sebaliknya untuk intensitas yang cukup rendah bisa menerapkan warna yang lebih berani.

Manfaat Memasang Wallpaper Dinding

Pemasangan wallpaper dinding sangat baik untuk menambah daya tarik ruangan. Desain wallpaper yang semakin beragam juga dapat membantu untuk membuat rumah semakin nyaman dihuni. Jika dapat mendekorasi rumah sekreatif mungkin, maka tidak mustahil mendapatkan suasana rumah yang berkelas dengan budget yang hemat. Maka dari itu, pilihlah wallpaper untuk dinding yang secara bijak, jangan asal-asalan. Perhatikan keselarasannya dengan desain yang rumah Anda miliki.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *