9 Tips Untuk Rumah Minimalis Agar Lebih Nyaman

Dewasa ini kita telah memasuki era di mana segalanya dituntut bersifat praktis dan efisien. Tidak terkecuali rumah hunian juga mengusung sifat ini. Rumah dengan desain minimalis kini telah menjadi salah satu desain rumah primadona di kalangan masyarakat. Semakin sempitnya lahan dan biaya yang mahal untuk membangun rumah, maka desain ini dinilai menjadi desain yang paling cocok.

9 Tips Rumah Minimalis Untuk Menghadirkan Kenyamanan

Meskipun kecil namun jika mengetahui caranya maka rumah minimalis Anda akan tetap menarik. Untuk itu silahkan simak 9 tips rumah minimalis berikut ini.

  1. Memilih warna-warna netral

Pemilihan warna akan sangat menentukan suasana yang akan dibangun di dalam sebuah rumah. Pilihan warna-warna yang netral akan dapat membangun suasana yang lebih nyaman. Pilihlah warna-warna seperti cream, putih atau hitam untuk membuat rumah terasa lebih nyaman dihuni.

  1. Pilihlah furniture yang simple

Rumah minimalis akan sangat cocok jika diisi dengan berbagai jenis furniture yang juga bersifat simpel. Hal ini akan membuat desain interior lebih selaras dan harmonis. Keselarasan inilah yang nantinya akan menghasilkan suasana nyaman di dalam rumah.

  1. Pasanglah sedikit aksen pada dinding

Pemasangan aksen-aksen tertentu pada dinding rumah bertujuan untuk menghilangkan kesan membosankan. Meskipun minimalis, bukan berarti gaya juga monoton. Aksen yang dipasang dapat disesuaikan dengan selera Anda. Jangan sampai terlalu berlebihan yang justru akan membuat rumah terlihat sumpek.

  1. Memaksimalkan ruang yang tersedia

Di dalam bangunan yang bersifat minimalis, maka poin ini sangat penting. Jangan memaksakan untuk menaruh banyak barang di dalam rumah. Hindari penggunaan barang-barang yang terlalu besar. Contohnya Anda bisa menggunakan rak dinding untuk menyimpan buku kesayangan daripada membeli rak yang akan memakan banyak ruang.

  1. Jangan menggunakan banyak sekat

Rumah dengan tatanan simpel jangan dibuat tambah sempit dengan terlalu banyak menggunakan sekat untuk memisahkan ruang. Anda dapat memilih beberapa jenis furniture seperti rak yang dapat memisahkan ruang tetapi memiliki fungsi lain. Funiture yang bersifat multiguna sangat banyak di pasaran. Asalkan lebih giat dan kreatif, maka bukan tidak mungkin untuk mendapatkannya.

  1. Menjaga sirkulasi udara dengan baik

Di dalam rumah minimalis kondisi udara perlu sangat diperhatikan. Hal tersebut untuk menghindari berkurangnya oksigen sehingga rumah menjadi pengap. Aturlah cahaya yang masuk ke dalam rumah. Anda juga dapat memilih menggunakan jendela atau tirai dengan konsep minimalis untuk mendukung desain rumah.

  1. Memasang tangga yang ramping

Tangga di dalam rumah minimalis harus dipasang sedemikian ramping. Hal ini tentu untuk mengurangi banyaknya ruang yang akan dipakai. Usahakan untuk lebih merapat ke arah dinding dan hindari yang berpola lurus.

  1. Hiasan unik

Hiasan rumah yang unik juga dapat menghadirkan suasana yang nyaman. Anda dapat memilih lukisan yang dapat membuat mata termanjakan. Memilih hiasan seperti bunga dengan vas yang unik juga menjadi ide yang baik.

  1. Jagalah kebersihan

Rumah minimalis yang sudah didesain dengan furniture serta pernak-pernik simpel akan percuma jika tidak dijaga dengan baik. Rajin-rajinlah membersihkan rumah sehingga nyaman untuk dihuni.

Manfaat Menggunakan Rumah Desain Minimalis

Tidak perlu membutuhkan banyak ruang serta lebih hemat merupakan daya tarik dari konsep ini. Meskipun sederhana, namun bukan berarti kita tidak mendapat kesan elegan. Jika kita pandai serta memiliki kreativitas dalam mengatur desain interior, maka rumah minimalis dengan suasana elegan dan nyaman dapat Anda rasakan. Demikian merupakan tips yang dapat diterapkan untuk rumah simpel Anda.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *